Welcome to CnP Blogger

Minggu, 20 November 2016

Cara membuat CV yang OK

Curriculum Vitae (CV) atau biasa disebut daftar riwayat hidup dan surat lamaran kerja merupakan modal awal untuk bersaing dengan ribuan bahkan jutaan pencari kerja yang lain. Untuk itu, buatlah CV yang kreatif, berbeda, tidak menjiplak CV orang lain apalagi isinya karena keahlian satu orang dengan yang lain berbeda karena CV merupakan salah satu gambaran diri yang sesungguhnya. Memiliki CV yang menarik dan efektif akan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diidamkan.
Pilihlah CV yang sesuai isinya dengan diri Anda karena begitu banyaknya konsep dalam pembuatan CV.
Berikut ini adalah hal-hal yang tercantum dalam sebuah CV, antara lain :

  • Data pribadi
Bagian ini berisi nama lengkap, email, nomor telepon atau nomor handphone dan identitas pribadi lainnya. Penting untuk mencantumkan nomor hp yang aktif serta email agar memudahkan perusahaan menghubungi Anda.

  •  Pendidikan
Bagian ini menjelaskan tentang latarbelakang pendidikan Anda dan hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar. Cantumkan dari penddidikan yang terbaru

  • Pengalaman kerja
Bagian ini menjadi bagian yang sering diperhatikan oleh perusahaan yang merekrut. Pengalaman kerja memberikan gambaran apakah kandidat sudah memiliki pengalaman di bidangnya ataukah belum, sudah memiliki jam terbang cukup atau masih belum. Untuk itu di bagian ini harus dijelaskan secara detail apa pekerjaan yang pernah dikerjakan, nama perusahaan tempat bekerja sebelumnya, posisi, job description. Tentu ini dibuat bagi mereka yang sudah pernah bekerja sebelumnya

  • Keterampilan yang dimiliki
Perlu diuraikan juga keterampilan yang dipunya sebagai bahan pertimbangan.Contoh Anda bisa berbahasa Inggris dan mandarin, dan lain sebagainya. Hindari penulisan keterampilan seperti mampu berkomunikasi dengan baik, dapat bekerja dalam tim, cepat belajar hal baru. Penjelasan seperti itu tidak memberikan nilai tambah. 

  • Training yang pernah diikuti
Sebutkan training atau pelatihan apa saja yang pernah diikuti. Pilih training yang relevan dan sesuai, tidak semua pelatihan dimasukkan

  • Prestasi
Jika Anda memiliki prestasi, di CV bisa Anda jelaskan secara singkat. Misalkan prestasi di pendidikan, di pekerjaan sebelumnya, atau prestasi yang di dapat di lingkungan masyarakat.

Buatlah CV yang rapid an mudah untuk dibaca. Jadikan CV yang dibuat adalah CV yang menjual. Penampilan CV serta foto diri merupakan kesan pertama apakah HRD perusahaan mau melanjutkan membaca karena tertarik atau tidak.

Selamat membuat CV dan semoga dimudahkan dalam mencari pekerjaan

Dari berbagai sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates